Skip to main content

Panduan Sebelum Pergi Kursus di Kampung Inggris KEDIRI



Panduan Sebelum Pergi Kursus di Kampung Inggris KEDIRI


Apa sih Kampung Inggris itu??
Kampung Inggris merupakan tempat di mana begitu banyak orang yang datang untuk melatih diri dalam mengembangkan kemampuan berbahasa asing, kenapa saya mengatakan “mengembangkan kemampuan?” karena saya pikir orang yang datang ke Kampung Inggris setidaknya bahasa Inggrisnya sudah lumayan tahu meskipun hanya “yes” “no”, Yes” no, hehehe..

Guys,, Kampung Inggris bukan hanya berbicara soal kursus bahasa Inggris saja, melainkan ada beberapa kursus yakni:
Kursus Bahasa, diantaranya ada Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, Bahasa Arab dan ada begitu banyak bahasa lainnya yang saya sendiri juga sudah lupa.. wkwkwk
Kemudian ada Kursus “nyetir mobil” yang biayanya lumayan murah, Kursus Sulap juga ada di sana. ada yang hobi Sulap? :D
Kampung Inggris yang terletak di Desa Singgahan dan Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kediri Jawa Timur cukup terkenal di masyarakat Indonesia bahkan di negara-negara tetangga juga sudah mengenal Kampung Inggris. Kenapa saya katakan demikian? karena ada beberapa teman saya yang dari Malaysia, Singapur yang datang untuk belajar di sana. hehehe

hmm,, lupakan yang sulap dan nyetir mobil kita beralih di peminat yang paling banyak..

Kursus Bahasa Inggris di Kediri merupakan tempat kursus yang paling terbaik dan termurah menurut saya, jika anda serius dalam belajar di sana saya pikir anda hanya memakan waktu kurang lebih 4 bulan (bila anda serius) dan itu pun sudah mulai dari dasar (artinya ei, bi, si, di).

Pertanyaannya hidup selama kurang lebih 4 bulan bisa gak? Bagaimana biaya hidup di sana?
Kebanyakan yang datang ke Kampung Inggris untuk mengikuti kursus adalah mereka yang sudah lulus perguruan tinggi S1 dan lulus SMA. Jika anda melihat anak-anak sekolah yang datang belajar itu artinya mereka datang pada saat libur puaaaannnnjaaaang (seperti bulan desember-Januari).
Di sana anda bisa mencari tempat tinggal sendiri (ngekost, biasanya /bulannya 300-700) atau bisa tinggal di Camp kursus yang anda daftar. Saran saya jika anda mau mengambil hanya beberapa program saja (3-4 program)  ada baiknya ambil program paket, karena lebih murah dan sudah tinggal di Camp kursus yang setiap hari ada program Camp. Itu juga akan melatih anda supaya cepat dalam berbahasa Inggris, karena di Camp itu “wajib berbahasa Inggris” jika tidak ada hukumannya.  Tetapi kalau mau ambil lebih dari 5 program ada baiknya anda ngekost aja, supaya tidak capek tinggal di camp (karena di camp bangunnya jam 5 subuh untuk mengikuti program).
oh iya berbicara biaya hidup tentunya bicara soal kampung tengah alias “makan” juga kan.??  Di sana anda bisa mendapatkan makanan yang murah dan enak juga bersih, biasanya harga 6rb-10rban sudah bisa makan dengan kenyang (Nasi , Ikan, Sayur).
Murah kan?

Namun bagaimana cara daftarnya? anda bisa datang langsung ke Kediri atau kunjungi www.visitpare.com (di sana anda akan di tuntun untuk cara daftarnya)


Terus lembaga mana yang harus di pilih?
Supaya anda tidak terjebak karena belum pengalaman ke sana, Saya mau katakan setiap lembaga memiliki kelebihan dan kekurangan serta  perbedaan dalam proses belajarnya. Kalau setiap lembaga berbeda tentunya hasilnya juga berbeda.
Jika anda mau mengambil program Speaking, saya sarankan ambil di Lembaga Peace atau The Daffodils. Kalau Program Grammar daftar di Lembaga Kresna atau Elfast. Jika anda mengambil toefl daftar aja di lembaga Oxford. (Itu menurut saya dan pendapat teman-teman saya, karena yang lembaga yang paling diminati orang banyak adalah di lembaga yang saya sudah sebutkan di atas).
Tapi lembaga kursus terbaik pun tidak menjamin anda bisa berbahasa Inggris dengan cepat apabila anda tidak serius atau main-main saja. Jadi tergantung orangnya juga.. Kalau anda pemula, ada baiknya ambil dasar2 dulu.

Bagaimana caranya ke sana?
Dari mana pun anda (kecuali daerah jawa) anda bisa turun di Bandara Juanda Surabaya (tentunya naik pesawat ya) kemudian naik Bus jurusan Terminal Bungurasih Surabaya (biayanya 20rb, durasi perjalanan 15-20 Menit, relative).

Setelah tiba di Terminal Bungurasih kamu harus hati-hati, karena ada begitu banyak para calo. Anda bilang saja kalau mau ke kampung Inggris (pasti mereka bubar) dan jangan lupa perhatikan barang-barang anda. Perhatikan juga Porter yang memaksa kamu, biasanya mereka langsung mengangkat barang bawaan kita. Anda harus keras katakan bahwa anda tidak mau, ingat jangan sampai mereka mengangkat, jika tidak kamu akan membayar jasa mereka 50rb (rugi kan? bisa bwa sendiri pake dibawa orang lain).

Kemudian langsung saja masuk ke terminal dan membayar peron 500/org. Lalu tanya petugas DLLAJ terminal kalau bus Rukun Jaya yang ke pare di mana. nanti bayarnya 30rb (bilang saja turun di kampung inggris, pasti mereka tahu). oh iya, perjalannya memakan waktu 3-4 jam.

Nah setalah itu kamu akan di turunkan di perempatan Tulungredjo, ketika turun kamu langsung naik becak yang mangkal di perempatan itu (biasanya harga becak 15rb). Jika mereka tanya bilang saja kalau kamu pernah ke situ, sok tau aja kamu supaya tidak dibodohin tukang becak yang meminta harga sampai 50rb. yang penting ketika anda sampai di perempatan anda sudah tau tujuan anda lembaga mana.

Apa yang harus saya persiapkan sebelum ke kampung Inggris?

1.      Yang utama “uang”. memang uang bukan segalanya tapi tanpa uang kita susah segalanya.. hehe  (jangan mengisi uang di satu tempat saja, jika anda menyimpannya di dompet, anda juga harus ada uang cadangan di saku atau di tas anda. jaga-jaga saja sesuatu yang tidak diinginkan)
2.      ATM
3.      Pakaian dan Celana 2 minggu ( karena di sana tersedia Laundry  dengan harga 5-7rb/KG, bisa juga cuci pakaian sendiri, karena di setiap camp atau kost sudah ada jemuran yang disediakan). Pakaian yang anda gunakan ketika kursus bebas rapi, yang penting masi pakai celana. hehehe… di camp pun ketika mengikuti program camp bisa menggunakan pakaian biasa (pakaian rumah).
4.      Buku buat nyatet materi (jangan lupa alat tulisnya). tapi bisa juga beli di sana
5.      Kamus atau Buku Bahasa Inggris yang anda punya (referensi aja)
6.      Selimut. Karena suasana malam cukup dingin.
7.      Jaket sama Topi yang melindungi diri anda ketika masuk keluar lembaga Kurus (karena siangnya puanas banget).
8.      Di sana anda harus menyewa sepeda (karena jarak antara tempat kursus itu cukup berjauhan, anda bisa kelelahan kalau jalan kaki). Sepedanya bisa di sewa sebulan dengan harga 80rb-150rb (tergantung kesukaan anda). yang tidak tau bersepeda ya minta diboncengin aja. wkwkwk
9.      Perlengkapan mandi (biar anda tidak susah lagi mencari warung)

oh iya, berhati-hatilah di sana,, sebaiknya perhatikan barang bawaan anda ketika mau jalan atau bersepeda. ada baiknya tasnya di isi di depan,, (jaga-jaga saja)
Itulah panduan singkat sebelum ke kampung Inggris. semoga bermanfaat.



Comments

Popular posts from this blog

IPTEK DALAM ALKITAB

I.                    PENDAHULUAN A.      Latar Belakang Metode ilmiah sering digunakan dalam pembahasan tentang pendidikan. Riset dan metode ilmiah merupakan metode pemecahan masalah yang mengacu pada berpikir reflektif yaitu berpikir menemukan masalah serta memecahkannya melalui kegiatan yang bertahap. Ilmu pendidikan adalah sistem pengetahuan tentang pendidikan yang diperoleh melalui riset. [1] Proses perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini merupakan hasil dari penemuan dan penelitian yang dilakukan manusia sebelumnya. Sebenarnya perkembangan tersebut diawali dengan rasa keingintahuan manusia yang sangat besar bahkan Paul Leady mengatakan bahwa ” Man is curious animals ”. [2] Keingintahuan tersebut yang mendorong manusia untuk berupaya menjawab kenyataan-kenyataan alamiah yang ada di dunia ini lewat berbagai cara, dan hal ini mendorong perkembangan ilmu dan pengetahuan. Selaras dengan asal katanya Sains berasal dari bahasa Latin “scieantia” dan terbentuk ka

GEREJA METHODIST INDONESIA

I.PENDAHULUAN A. Latar belakang Methodisme datang ke Indonesia pertama kali pada tahun 1905 setelah para misionaris Amerika mulai bekerja di Malaysia dan Singapura . Gereja Methodis di Indonesia saat itu adalah satu-satunya gereja yang tidak dimulai oleh para misionaris Belanda ataupun Jerman . Di Indonesia, para misionaris Amerika mulai bekerja di Jawa , Kalimantan , dan Sumatera . Pada tahun 1913 , setelah datangnya Bishop J. Robinson , konferensi yang pertama pun diselenggarakan di Sumatera Utara. Pada saat itu, Gereja Methodist dikenal sebagai gereja yang unik karena ini adalah satu-satunya gereja Protestan yang anggota-anggotanya terdiri atas suku Batak dan suku Tionghoa Indonesia, sementara gereja-gereja Protestan lainnya saat itu pada umumnya tersegregasi. Gereja Methodist Indonesia (GMI) adalah satu-satunya gereja di Indonesia yang hadir bukan sebagai hasil pekabaran Injil misi Belanda dan Jerman. Methodist adalah hasil pelayanan misionaris dari Amerika yang b

Makalah Proposisi Hipotesis

Tugas Kelompok Logika Dosen Pengampuh: Lydia Tumampas oleh, Budi Makaado Mormin Malatunduh Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Manado II. PEMBAHASAN A.     Proposisi Dalam ilmu logika, proposisi mempunyai tiga unsur yakni [1] : Subyek , perkara yang disebutkan adalah terdiri dari orang , benda , tempat, atau perkara. Predikat adalah perkara yang dinyatakan dalam subjek. Kopula adalah kata yang menghubungkan subjek dan predikat . Contohnya kalimat Semua manusia adalah fana . Kata semua dalam kalimat tersebut dinamakan dengan pembilang. Kemudian kata manusia berkedudukan sebagai subyek, sedang adalah merupakan kopula. Adapun predikat di sini diwakili oleh kata fana . [2] Proposisi adalah istilah yang digunakan untuk kalimat pernyataan yang memiliki arti penuh dan utuh. [3] Hal ini berarti suatu kalimat harus dapat di percaya , disangkal, atau dibuktikan benar tidaknya. Singkatnya, proposisi adalah pernyataan mengenai hal-hal yang dapat