RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
Kelas :
VII
AlokasiWaktu :
A.
Kompetensi Inti
Ki
1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Ki
2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
Ki
3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
Ki4: . Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Menerima disiplin
sebagai wujud ketaatan pada firman Allah
2.1 Menunjukkan sikap disiplin sebagai
wujud ketaatan pada firman Tuhan
3.1 Memahami manfaat disiplin bagi remaja
Kristen
4.1 Membuat program dalam periode
tertentu yang menunjukkan disiplin sebagai wujud ketaatan pada firman Allah
C.
Indikator
1.
1.1 Menghargai
disiplin sebagai wujud ketaatan dari Allah melalui doa
2.1.1 Bersikap disiplin di
rumah, sekolah serta di Gereja sebagai remaja Kristen
2.1.2 Menyelesaikan tugas
dan tanggung jawab tepat waktu
3.1.1 Menjelaskan definisi
disiplin serta pentingnya disiplin untuk remaja SMP Kelas VII
3.1.2 Menguraikan ciri-ciri
disiplin
3.1.3 Memberikan contoh
disiplin bagi remaja Kristen
3.1.4 Memberikan komentar terhadap penerapan disiplin
di Sekolah
4.1.1 Membuat jadwa harian
yang menggambarkan disiplin remaja Kristen
4.1.2 Mempresentasikan hasil
pelaksanaan jadwal harian sebagai wujud hidup disiplin remaja
D.
Materi Pembelajaran
3
Lembaga sebagai proses kedisiplinan remaja Kristen/Remaja Kristen yang disiplin
E.
Sumber Belajar
Alkitab
Buku Siswa dan Guru
Sumber bahan belajar lain
yang mendukung
F.
Media Pembelajaran
Slide Power point
G.
Langkah –langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (10
menit)
-
Peserta
didik memberei salam kepada guru
-
Membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengajak semua siswa untuk bernyanyi dan berdoa
yang di pimpin salah satu murid
-
Meminta
informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi
hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan
kegiatan pembelajaran
-
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
2.
Kegiatan inti (120
menit)
-
Peserta
didik menjelaskan hal-hal apa saja bentuk kedisiplinan di Rumah, Sekolah, dan
Gereja
-
Peserta
didik berbagi pengalaman mengenai sikap disiplin yang pernah mereka laksanakan
-
Guru
menjelaskan tentang disiplin serta pentingnya disiplin untuk remaja Kristen
-
Peserta
didik memberi komentar mengenai penerapan disiplin di sekolah
-
Peserta
didik membuat jadwal harian yang menggambarkan disiplin remaja Kristen selama
seminggu dan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.
3.
Penutup (10
menit)
-
Peserta
didik dan guru membuat kesimpulan tentang pentingnya disiplin di Rumah, sekolah
dan Gereja sebagai remaja Kristen
-
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari
-
Menutup
kegiatan dengan bernyanyi dan berdoa yang di pimpin salah satu siswa
H.
Penilaian.
pengetahuan:
tes tertulis mengenai penjelasan tentang disiplin dan pentingnya disiplin bagi
remaja Kristen
Tes
tertulis:
1.
Apa
pengertian disiplin?
2.
Apa
saja bentuk-bentuk disiplin di rumah, sekolah, dan gereja?
3.
Jelaskan
bentuk-bentuk disiplin yang pernah kamu lakukan di rumah!
4.
Apa
saja manfaat disiplin bagi remaja Kristen?
Penilaian diri :
angket dengan rating scale
Penilaian diri mengenai sikap
disiplin di sekolah :
No.
|
Pernyataan
|
TP
|
J
|
S
|
T
|
1.
|
Saya
mau datang ke sekolah tepat wakktu
|
|
|
|
|
2.
|
Saya
mau membuang sampah pada tempatnya
|
|
|
|
|
3.
|
Saya
mau berpakaian rapih
|
|
|
|
|
4.
|
Saya
mau menyelesaikan proses pembelajaran sampai selesai
|
|
|
|
|
5.
|
Saya
sangat memperhatikan guru menjelaskan
|
|
|
|
|
Penilaian : Skor
yang diperoleh x 100
12
Contoh: 10 x 100 = 83, 33 (dibulatkan
menjadi 83)
12
Jakarta,
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMP … Guru
PAK-BP
............................. ..........................
Lampiran tugas proyek yang
dilakukan di rumah
Perbuatan disiplin di rumah (dilakukan
selama seminggu)
No.
|
Perbuatan
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
Minggu
|
1
|
Memberi
salam kepada orang tua sebelum dan sesudah pergi ke sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Merapikan
kamar/tempat tidur
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Melakukan
perintah orang tua
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Membagi
waktu dalam bermain dan belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
Comments
Post a Comment